Arrester

Daisypath - Personal pictureDaisypath Vacation tickers



Tugas Teknologi Komunikasi Modern

SISTEM PENYIARAN TV DIGITAL

Era menuju ke televisi digital (DTV) telah tiba. Bersiaplah menuju televisi yang lebih baik secara dramatis. Berdasarkan undang-undang, stasiun televisi di seluruh negara harus memindahkan siaran mereka dari sistem analog ke digital pada tanggal 17 Februari 2009. Pesawat televisi yang terhubung ke perusahaan pemberi layanan televisi kabel, satelit atau perusahaan telepon penyedia layanan telepon tidak akan terpengaruh oleh undang-undang ini, dan dapat terus menerima program acara televisi setelah tanggal tersebut berakhir. Namun penerima televisi analog yang menerima sinyalnya dari sebuah antena dan tidak memiliki sambungan layanan televisi berbayar akan memerlukan Kotak Konverter DTV untuk dapat terus menerima sinyal setelah perpindahan dilakukan.
Televisi Digital (DTV) adalah satu jenis teknologi penyiaran melalui udara yang baru dan inovatif yang mengirimkan gambar melalui gelombang udara dalam bentuk bit data, seperti halnya komputer. DTV memungkinkan stasiun TV untuk dapat menyediakan gambar yang secara dramatis lebih jelas, berkualitas suara lebih baik dan pilihan program yang lebih banyak. DTV juga memungkinkan dilakukannya siaran berdefinisi tinggi (HD) bagi para pemirsa yang memiliki pesawat HD dan menyediakan kemampuan interaktif dan layanan data subtitle yang lebih baik.
Di bawah perundang-undangan yang telah disetujui oleh Kongres. Undang- Undang Pengurangan Defisit tahun 2005 – setiap stasiun televisi lokal yang berdaya penuh diminta untuk mematikan saluran analog mereka pada tanggal 17 Februari 2009, dan secara eksklusif terus meneruskan siaran dalam bentuk digital secara eksklusif.
DTV adalah sebuah cara yang lebih efisien untuk melakukan siaran, dan hal itu akan membuka frekuensi radio untuk berbagai macam layanan lainnya yang baru. DTV juga menghasilkan gambar dan suara yang amat jelas, lebih banyak saluran dan bahkan televisi berdefinisi tinggi (HDTV) melalui gelombang radio bagi konsumen yang memiliki pesawat televisi HD. DTV juga memungkinkan lebih banyak layanan daripada sebelumnya dengan tersedianya siaran televisi yang gratis.

Konsumen yang menerima sinyal siaran televisi gratis menggunakan antena pada pesawat televisi yang dilengkapi dengan penyetel analog – dan mereka yang tidak berlangganan pada perusahaan penyedia layanan televisi kabel, satelit atau perusahaan telepon – akan merasakan dampak dari peralihan ini. Sekurang-kurangnya 19,6 juta rumah tangga menerima sinyal siaran televisi gratis secara eksklusif di rumah-rumah mereka, dan kira-kira ada 70 juta pesawat televisi akan terkena dampak hilangnya sinyal dari stasiun bertenaga penuh setelah tanggal 17 Februari 2009, jika para pemilik pesawat televisi ini tidak mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kemampuan televisi mereka.
Anda dapat meningkatkan televisi Anda ke DTV dengan salah satu dari ketiga langkah-langkah ini sebelum 17 Februari 2009:
1.   Kotak konverter DTV: Belilah sebuah kotak konverter DTV yang dihubungkan pada pesawat TV analog yang Anda miliki saat ini. Sebuah kotak konverter akan memungkinkan Anda untuk terus menerima siaran televisi gratis, dan kotak-kotak ini harganya berkisar antara US$40 dan US$70, akan tersedia untuk dapat dibeli di awal tahun 2008. Pemerintah federal menyediakan kupon senilai US$40 yang dapat Anda gunakan untuk membeli kotak-kotak ini.

2.   Pesawat TV digital: Belilah sebuah pesawat televisi yang memiliki penyetel digital atau Komite Sistem Televisi Tingkat Lanjut (Advanced Television Systems Committee- ATSC) yang sudah terpasang, yang dapat diperoleh dengan harga di bawah US$100. Semua pesawat televisi dengan penyetel digital dapat menerima sinyal yang disiarkan oleh stasiun-stasiun televisi, sehingga Anda dapat terus menerima program televisi gratis tanpa biaya berlangganan bulanan.
3.   Layanan berbayar: Berlanggananlah pada perusahaan penyedia layanan televisi kabel, satelit atau perusahaan telepon untuk terus menggunakan pesawat televisi analog Anda, jika stasiun siaran lokal Anda ingin terus dapat diberikan oleh layanan ini.

Sebuah kotak konverter DTV adalah sebuah perangkat elektronik yang terhubung secara elektronis kepada pesawat televisi analog dan antena dan mengubah sinyal digital televisi menjadi bentuk analog, sehingga dapat dilihat di dalam pesawat TV analog Anda. Kotak-kotak konverter ini diharapkan akan tersedia dalam rentang harga antara US$40 dan $70.
Pemerintah federal menyediakan kupon-kupon untuk membeli kotak konverter DTV untuk memberikan bantuan untuk meningkatkan televisi yang Anda miliki saat ini menjadi televisi digital. Setiap rumah tangga hanya dapat mendaftarkan untuk menerima kupon potongan sebanyak maksimal dua buah kupon, yang masing-masing bernilai US$40, yang harus ditukarkan dalam waktu 90 hari. Untuk informasi lebih lanjut atau untuk meminta kupon potongan, hubungi 1 (888) DTV-2009 atau 1 (877) 530-2634 (TTY), kunjungi www.DTV2009.gov atau kirimkan aplikasi permintaan kupon potongan ke PO Box 2000, Portland, OR 97208.
Membeli sebuah pesawat televisi digital yang baru bukanlah satu-satunya pilihan yang Anda miliki untuk dapat melakukan perpindahan ke DTV. Jika Anda ingin terus menggunakan pesawat televisi analog, Anda harus mempertimbangkan salah satu pilihan yang tersedia berikut ini jika Anda ingin berpindah ke televisi digital:
1.   Belilah sebuah kotak konverter DTV, yang akan mengubah sinyal digital yang baru menjadi format analog untuk pesawat-pesawat televisi analog.
2.   Berlanggananlah kepada perusahaan layanan penyedia televisi kabel, satelit atau telepon untuk menerima sinyal digital yang baru.
Untuk memeriksa apakah pesawat televisi Anda dapat menerima sinyal siaran televisi melalui gelombang radio, lihatlah buku panduan pemilik atau lihatlah pada pesawat televisi untuk mengetahui bahwa televisi Anda telah memiliki penyetel Advanced Television Systems Committee (ATSC) yang sudah terpasang. Anda dapat juga membuka situs Web pabrikan televisi Anda dan memeriksa kemampuan pesawat televisi berdasarkan nomor model pabrikan.
DTV adalah televisi digital. HDTV adalah televisi berdefinisi tinggi. HDTV adalah format kualitas tertinggi untuk DTV, namun hanya salah satu dari beberapa format digital yang ada. Konsumen yang memiliki pesawat TV berdefinisi tinggi mungkin dapat menerima program televisi berdefinisi tinggi secara gratis dengan menggunakan sebuah antena.
Antena di dalam ruang ataupun luar ruang akan memaksimalkan penerimaan siaran DTV Anda. Secara umum, penerimaan DTV yang cukup baik, membutuhkan jenis antena yang sama dengan yang saat ini berfungsi untuk menerima sinyal TV analog yang baik yang ada di rumah Anda. Untuk mendapatkan bantuan dalam memilih antena luar ruang yang dapat menerima siaran saluran TV lokal Anda secara gratis, kunjungi www.antennaweb.org. Sebuah prakarsa dari Asosiasi Penyiaran Nasional yang mewakili lebih dari 8.300 stasiun radio dan televisi lokal secara gratis dan jaringan siaran di seluruh negara.
  

Sistem Digital pada Penyiaran TV

Ada beberapa alasan mengapa sistem digital nantinya menjadi sistem yang diperlukan terutama berkaitan dengan penyiaran TV digital. Berikut ini beberapa alasan:

● Efisiensi spektrum frekuensi
Dengan mengimplementasikan TV digital maka dengan satu kanal frekuensi bisa digunakan sekaligus untuk beberapa program siaran. Dari segi efisiensi penggunaan kanal, jelas sistem TV digital jauh lebih efisien dibandingkan siaran TV analog yang mensyaratkan satu kanal hanya bisa untuk satu program siaran.

● Kualitas, keandalan
Kualitas siaran dari TV digital jauh lebih baik bila dibandingkan dengan siaran TV analog. Berdasarkan penelitian, siaran TV digital bebas dari derau, sehingga kualitas gambar dan keandalan siaran TV digital jauh lebih baik.


Sistem Penyiaran TV Digital ATSC

Advanced Television Systems Committee merupakan standar yang dibuat dan pertama kali digunakan di Amerika Serikat untuk sistem televisi digital. Standar TV ATSC sendiri adalah sebuah organisasi non-profit yang dibentuk pada 1982 yang bertugas mengembangkan standar-standar teknis untuk semua aspek dari televisi digital. Anggota ATSC terdiri dari industri penyiaran, peralatan penyiaran, video, elektronik, komputer, kabel, satelit, semikonduktor. Standar televisi digital ATSC juga meliputi High Definition Television, Standar Definition Television, penyiaran data, audio multikanal, dan penyiaran satelit ke rumah secara langsung [ATSC, 2007]. Pada 1987, ketika industri siaran di AS meminta FCC (Federal Commission on Communications) untuk mempelajari permasalahan seputar teknologi maju di bidang televisi dan kemungkinan dampaknya terhadap layanan siaran TV.


Teknik Pengukuran Transmisi Penyiaran Digital
Sebelum mengimplementasikan sistem dan jaringan TV digital, lebih dulu harus dilakukan tahap desain dan perencanaan. Dalam tahap perencanaan ini target yang hendak dicapai oleh suatu jaringan perlu didefinisikan dalam master plan. Parameter-parameter sistem dan jaringan perlu ditetapkan melalui pra-evaluasi. Parameter jaringan di sini termasuk lokasi pemancar (terutama jika menggunakan sistem SFN) yang harus mempertimbangkan jarak maksimum antarpemancar, serta target wilayah cakupan dan jenis pelanggan yang hendak dicakup. Sedangkan parameter sistem meliputi tinggi antena pemancar, daya pancar, serta parameter-parameter modulasi dan coding, untuk memastikan kualitas sinyal yang memadai sesuai kondisi lingkungan dan jenis pelanggan (fixed vs mobile).

Untuk dapat menentukan parameter sistem dan jaringan, perlu dilakukan lebih dulu pengukuran propagasi. Tujuannya adalah supaya setelah diimplementasikan kelak dapat tercapai target wilayah yang diinginkan dengan kualitas cakupan yang memenuhi standar. Untuk itu perlu dilakukan pengukuran daya dan cakupan, pengukuran efek multipath, dan pengukuran efek Doppler.

0 Response to "Tugas Teknologi Komunikasi Modern"








Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...